Selasa, 30 Juli 2013

FAKTOR UTAMA ORGANISASI


faktor-faktor utama yang menentukan perancangan struktur organisasi (UMUM) adalah sebagai berikut :

1.Strategi Organisasi untuk mencapai tujuannya. 

Chandler telah menjelaskan hubungan strategi dan struktur organisasi dalam studinya pada perusahaan-perusahaan industri di Amerika. 

Dia pada dasamya menyimpulkan bahwa "struktur mengikuti strategi". Strategi akan menjelaskan bagaimana aliran wewe¬nang dan saluran komunikasi dapat disusun di antara para manajer dan bawahan. Aliran kerja sangat dipengaruhi strategi, se¬hingga bila strategi berubabah maka struktur organisasi juga ber¬ubah.

2.Teknologi yang digunakan. 

perbedaan teknologi yang digunakan untuk memproduksi barang-barang atau jasa akan membedakan bentuk struktur organisasi. Sebagai contoh, perusahaan mobiI yang mempergunakan teknologi industri masal akan memerlukan tingkat standardisasi dan spesialisasi yang lebih tinggi diban¬ding perusahaan industri pakaian jadi yang mengutamakan per¬ubahan mode.

3. Anggota (karyawan) dan orang-orang yang terlibat dalam orga-nisasi. 

Kemampuan dan cara berpikir para anggota, serta kebu-tuhan mereka untuk bekerjasama harus diperhatikan dalam me-rancang struktur organisasi. Kebutuhan manajer dalam pem-buatan keputusan juga akan mernpengaruhi saluran komunika¬si, wewenang dan hubungan di antara satuan-satuan kerja pada rancangan struktur organisasi. Di samping itu, orang-orang di luar organisasi, seperti pelanggan, supplier, dan. sebagainya perlu dipertimbangkan dalam penyusunan struktur.

4. Ukuran organisasi.

 Besarnya organisasi secara keseluruhan mau-pun satuan-satuan kerjanya akan sangat mempengaruhi struktur organisasi. Semakin besar ukuran organisasi, struktur organisasi akan semakin kompleks, dan harus dipilih bentuk struktur yang tepat


Artikel Terkait

0   komentar

Posting Komentar

Cancel Reply
W E L C O M E